Cara Membuat Tabel Penilaian

Cara Membuat Tabel Penilaian.Mengoreksi hasil ujian yang berbasis pilihan ganda sangatlah mudah. Namun, bagaimana jika ujian berbasis esai? Presentasi? Atau proyek? Ketika subjektivitas menjadi salah satu aspek penilaian di dalam hal ini, proses koreksi akan menjadi lebih rumit. Jika Anda mampu untuk membuat tabel penilaian demi menilai sebuah ujian yang memiliki banyak aspek, maka Anda akan merasa lebih terarah dalam proses penilaian. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk menentukan dalam aspek apa murid Anda harus meningkatkan kemampuannya. Murid-murid Anda pun dapat mengetahui dari mana hasil nilai mereka. Anda bisa memilih kriteria penilaian Anda, menyisipkan nilai untuk masing-masing aspek, dan menggunakan tabel penilaian untuk membantu Anda dalam memberikan penilaian dengan lebih mudah. Lihatlah Langkah 1 untuk informasi lebih lanjut.yang telah kita rangkum dalam green-squalle

yang disupport oleh Daftar Poker77

Memilih Kriteria Penilaian

Tentukan aspek-aspek penting dalam tugas yang Anda berikan kepada murid-murid Anda.

Tabel penilaian dgunakan untuk tugas atau proyek yang berkemungkinan menyebabkan subjektivitas tercampur ke dalamnya. Dengan kata lain, Anda tidak perlu menggunakan tabel penilaian untuk mengoreksi ujian pilihan ganda ataupun ujian-ujian yang jawabannya bersifat pasti. Namun, Anda mungkin perlu menggunakannya untuk menilai esai atau presentasi sehingga Anda dapat menilai sebuah proyek berdasarkan aspek-aspek spesifik yang terkandung di dalamnya. Cobalah beberapa pertanyaan seperti:

  • Apa inti dari proyek yang sedang Anda nilai ?
  • Apa yang seharusnya dpelajari oleh para murid ketika menyelesaikan tugas tersebut ?
  • Proyek/jawaban seperti apa yang Anda anggap sukses memenuhi harapan Anda ?
  • Sejauh apa “Cukup baik” menurut Anda ?
  • Aspek apa yang mampu memberikan nilai plus terhadap proyek/jawaban sang murid ?

Tuliskan semua komponen dari proyekyang akan dinilai.

Untuk tabel penilaian, pisahkanlah aspek penilaian menjadi 2 bagian utama yang akan Anda jadkan patokan penilaian dalam tabel penilaian tersebut, yang terdri dari bagian untuk menilai isi dari proyek dan bagian untuk menilai proses penyelesaian proyek tersebut.

  • Komponen isi adalah bagian aspek penilaian yang berfokus pada hasil dan kualitas dari proyek yang sudah dkerjakan oleh murid Anda. Aspek-aspek yang termasuk d dalam bagian ini adalah:
    • Gaya dan ciri khas
    • Keterkaitan dengan tema atau objektif
    • Argumen atau Tesis
    • Penyusunan proyek dan kerapian
    • Kreativitas dan suara
  • Komponen proses adalah langkah-langkah yang harus diakukan sang murid dalam menyelesaikan tugas/proyek. Aspek-aspek yang termasuk dalam bagian ini adalah:
    • Halaman judul, nama, dan tanggal.
    • Jangka waktu yang dbutuhkan dalam penyelesaian
    • Format jawaban

Buatlah aspek penilaian yang sederhana.

Simpanlah energi Anda dengan menilai aspek-aspek yang kurang penting seperti aksen, kontrol napas, kualitas binder yang mereka gunakan. Tentukanlah kriteria penilaian yang objektif, sederhana, dan berhubungan untuk dnilai. Tabel penilaian harusnya mencakup keseluruhan proyek, namun tidak berlebihan, yang mana hanya akan membuat Anda semakin frustrasi dalam memberikan penilaian dan para siswa akan sulit untuk mengerti penilaian yang mereka dapatkan. Pilihlah kriteria penilaian yang tepat sasaran dan bagilah kriteria tersebut menjadi bagian-bagian kecil yang dapat dkategorikan bersama.

  • Tabel penilaian pada dasarnya terdri dari 5 bagian berbeda yang memiliki bobot nilai masing-masing: tesis atau argumen, susunan dan penataan paragraf, pembukaan dan kesimpulan, tata bahasa/penggunaan kalimat/pengejaan, sumber/referensi.

Fokuskan tabel penilaian Anda terhadap aspek-aspek yang sudah Anda sampaikan di dalam kelas.

Tidak akan adl dan masuk akal bagi para siswa jika Anda memberikan bobot penilaian untuk hal yang tidak pernah Anda bahas di dalam kelas. Anda bisa menggunakan isi dari pelajaran yang Anda sampaikan di dalam kelas untuk menilai tugas yang dkumpulkan, jadi gunakanlah hal yang sama untuk menciptakan tabel penilaian Anda.

  • Ketika Anda memiliki kategori-kategori utama di dalam tabel penilaian Anda, Anda dapat membaginya lagi menjadi bagian-bagian lebih kecil. Seperti dalam kategori “Tesis atau argumen”, Anda bisa membaginya menjadi beberapa bagian kecil seperti Bukti statistik, pernyataan dalam tesis, ataupun hal-hal lainnya yang dapat Anda masukkan ke dalamnya tergantung dari tingkat kelas dan kemampuan murid Anda serta nilai-nilai utama yang terdapat dalam materi yang Anda ajarkan saat itu