Cara Menghilangkan Rasa Iri Hati

Cara Menghilangkan Rasa Iri Hati.Tidak peduli berapa pun besarnya usaha Anda untuk menyembunyikannya dengan senyuman, rasa iri hati bukanlah suatu hal yang dapat menghilang dengan sendirinya. Perasaan ini bisa membesar tak terbendung menjadi dengki yang merusak dan bahkan depresi. Jadi, apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa iri sebelum merusak diri Anda? Belajarlah untuk tidak membandingkan diri dengan orang lain, lebih mensyukuri apa yang Anda punya, dan berlatih cara untuk mengubah sudut pandang Anda untuk menghilangkan rasa iri sebelum tak terkendali. Lanjutkan membaca untuk mengetahui cara menghilangkan rasa iri hati selengkapnya. yang telah kita rangkum dalam green-squalle

yang disupport oleh Daftar Poker77

Memahami Rasa Iri

 

Gambar berjudul Overcome Envy Step 1

Ketahui perbedaan antara rasa iri dan cemburu.

Rasa iri dan cemburu bukanlah dua hal yang sama, walaupun sering kali disalahartikan satu dengan lainnya. Anda perlu mengetahui perbedaan antara rasa iri dan rasa cemburu untuk menentukan perasaan mana yang sebenarnya Anda rasakan. Cemburu adalah reaksi terhadap ancaman kehilangan sesuatu yang sudah Anda miliki. Sedangkan iri adalah reaksi terhadap sesuatu yang tidak Anda miliki. 

  • Misalnya, cemburu adalah yang Anda rasakan saat melihat pacar Anda menggoda orang lain. Sedangkan iri adalah yang Anda rasakan saat teman Anda datang mengendarai mobil baru yang mewah.

Ingatlah pengaruh buruk rasa iri terhadap diri Anda.

Bagaimana pengaruh buruk rasa iri terhadap kehidupan Anda? Mungkin persahabatan yang sudah Anda jalin sekian lama terancam putus karena Anda tidak bisa berpura-pura bahagia untuk teman Anda lagi, sehingga Anda menghindari telepon darinya. Atau mungkin Anda yang selalu membuka halaman Facebook mantan pacar Anda hanya untuk memandangi fotonya dengan tunangannya. Atau mungkin Anda yang membuka blog teman Anda dengan penuh kebencian hanya karena berharap memiliki sedikit bakat seninya. Semuanya merupakan contoh pengaruh buruk rasa iri yang menyita energi–yang seharusnya bisa Anda gunakan untuk hal yang lebih positif. Rasa iri mungkin akan merusak diri Anda dengan beberapa cara

  • Menyita waktu Anda
  • Mengganggu pikiran Anda
  • Merusak hubungan personal dan profesional Anda
  • Mengubah kepribadian Anda
  • Menciptakan hawa negatif dalam hidup Anda

Cari tahu penyebab rasa iri Anda.

Sebelum dapat mengatasi rasa iri Anda dengan cara yang benar, Anda perlu mengetahui penyebabnya. Jika Anda merasa iri karena teman Anda mempunyai mobil baru, luangkan waktu untuk merenungkan penyebab Anda merasa iri. Sebelum mengatasi rasa iri Anda, pikirkanlah pertanyaan berikut ini untuk mencari tahu penyebabnya: 

  • Sebagai contohnya, apakah Anda merasa iri karena ingin mempunyai mobil yang sama seperti teman Anda? Atau apakah Anda iri pada kemampuannya untuk membeli sesuatu yang begitu mahal?

Pertimbangkanlah untuk menceritakan rasa iri Anda kepada seorang teman.

 

Menceritakan perasaan Anda kepada teman atau anggota keluarga yang suportif bisa membantu Anda untuk merasa lebih baik dan membantu Anda mengekspresikan emosi Anda. Pilihlah seseorang yang tidak berhubungan dekat dengan orang yang membuat Anda iri. Selain itu, pastikanlah juga untuk memilih seseorang yang akan mendukung dan mendengarkan Anda. Memilih seseorang yang meremehkan atau tidak mendukung Anda hanya akan membuat Anda merasa semakin sulit.

Pertimbangkanlah untuk mencari bantuan dari seorang terapis jika Anda tidak bisa mengatasi rasa iri sendiri.

Bagi beberapa orang, rasa iri bisa mengganggu kehidupan sehari-hari dan kebahagiaannya. Tanpa bantuan dari terapis, Anda mungkin sulit untuk memahami rasa iri serta menentukan cara yang terbaik untuk mengatasinya. Praktisi kejiwaan profesional bisa membantu Anda untuk memahami perasaan ini dan membantu Anda untuk mengatasinya.