Elon Musk Donasi 5 Juta Dolar AS untuk Pendidikan Gratis

Elon Musk Donasi 5 Juta Dolar AS untuk Pendidikan Gratis

Elon Musk Donasi 5 Juta Dolar AS untuk Pendidikan Gratis – Elon Reeve Musk FRS adalah tokoh bisnis, penemu, dan industrialis dari Amerika Serikat. Ia merupakan pendiri, CTO, dan CEO SpaceX, CEO dan arsitek produksi Tesla, pendiri The Boring Company, dan pendiri Neuralink.

Elon Musk, CEO Tesla sekaligus SpaceX mendonasikan sebagian kekayaannya sejumlah 5 juta dolar AS atau setara dengan Rp70,8 miliar untuk Khand Academy. Donasi yang disalurkan melalui organisasinya, Musk Foundation dikabarkan bertujuan demi mendorong sistem pendidikan daring.

Melansir CNBC TB18, Khand Academy sendiri merupakan sebuah organisasi nirlaba berbasis di Amerika Serikat, yang menyediakan layanan edukasi daring. Organisasi sosial ini membantu para pelajar dengan menawarkan pembelajaran singkat Cara Deposit Sbobet yang dikemas dalam bentuk video.

1. CEO Khan Academy kirimkan ucapan terima kasih pada Elon Musk

Elon Musk Donasi 5 Juta Dolar AS untuk Pendidikan Gratis

Salman Khan, selaku CEO Khan Academy lantas mengirimkan ucapan terima kasih melalui sebuah video yang diunggah di channel Youtube ‘Khan Academy’. Ia mengungkapkan bila donasi Musk akan memberikan banyak perubahan bagi organisasinya.

Melansir dari Business Standard, Khan Academy telah menggaet 120 juta pengguna dan setidaknya dalam setiap bulan, terhitung sebanyak 20 hingga 30 juta pelajar mengakses platform tersebut. Dengan donasi yang di berikan Musk, di harapkan akan meningkatkan proyek-proyek akademik secara signifikan.

“Elon, saya berharap Anda akan sangat senang tentang hal ini. Donasi ini akan memungkinkan kami mempercepat pengerjaan setiap konten. Aspirasi kami adalah semua mata pelajaran yang mencakup mulai dari anak-anak hingga tingkat awal perguruan tinggi. Ini akan mempercepat konten ilmiah kami, memungkinkan kami melakukan lebih banyak pada pembelajaran awal, serta memungkinkan kami untuk membuat perangkat lunak dan praktik yang jauh lebih menarik,” ungkap Khan melalui videonya pada hari Jumat (12/01), seperti di kutip dari Business Today.

2. Khan Academy menyediakan fitur edukasi gratis untuk siapa saja dan di mana saja

Elon Musk Donasi 5 Juta Dolar AS untuk Pendidikan Gratis

Organisasi berbasis akademik ini mulai di rintis pada tahun 2008. Platform ini menawarkan berbagai macam fitur mulai dari latihan praktis, video pembelajaran, dan pedoman pembelajaran individu yang dapat menyesuaikan pelajar untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatan masing-masing, baik di dalam maupun di luar kelas.

Di dalam platform tersedia berbagai macam mata pelajaran seperti matematika, ilmu sains, ilmu komputer, sejarah, sejarah seni, ekonomi, dan masih banyak lagi. Adapun Khan Academy juga menyediakan pembelajaran kurikulum K-14 dan materi persiapan ujian (SAT, Praxis, LSAT).

Melansir dari Unilad, CEO dari Khan Academy pernah mendapatkan predikat TIME sebagai 100 orang paling berpengaruh di dunia pada tahun 2012. Kini Khan Academy tak hanya tersedia dalam bahasa Inggris, melainkan tersedia dalam hampir 30 bahasa, termasuk bahasa Prancis, bahasa Jerman, bahasa Portugis, dan bahasa Spanyol. Yang lebih menarik lagi, semua fitur di sediakan Khan Academy secara gratis, pengguna tidak perlu membayar sepeser pun.

3. Elon Musk salurkan donasi melalui Musk Foundation

Elon Musk Donasi 5 Juta Dolar AS untuk Pendidikan Gratis

Sebelum memberikan donasi kepada Khan Academy. Musk telah mendonasikan harta miliknya melalui organisasi Musk Foundation. Sebesar 424 ribu dolar AS atau sekitar Rp5,9 miliar rupiah untuk menyediakan laptop bagi sekolah menengah di Flint, Michigan. Selain itu, Musk juga menyumbangkan dana sebesar 480 ribu dolar AS. Atau sekitar Rp6,8 miliar rupiah untuk memasok filter air di wilayah tersebut.

Melansir dari Business Today, Musk Foundation di dirikan Elon Musk beserta saudaranya, Kimbel Musk di tahun 2002. Tak hanya donasi di bidang pendidikan, organisasinya juga memberikan sumbangan di bidang lain,.Seperti penelitian energi terbarukan, penelitian pediatrik, sains. Dan teknik, dan pengembangan kecerdasan buatan.

4. CEO Tesla menduduki peringkat satu orang terkaya di dunia

Elon Musk Donasi 5 Juta Dolar AS untuk Pendidikan Gratis

Di lansir dari Business Today, hingga sejauh ini, Elon Musk telah mendonasikan sejumlah 257 juta dolar AS. Atau sekitar Rp3,6 triliun melalui organisasinya. Berdasarkan Influence Watch. Memiliki total kekayaan bersih senilai 188 miliar dolar AS . Atau setara Rp2.650 triliun dan masih terus meningkat. CEO Tesla ini di nobatkan menjadi orang terkaya nomor satu di dunia. Hal ini menggantikan posisi Jezz Becos, CEO Amazon, per tanggal 8 Januari 2021