Ini Daftar Wilayah Rawan Hujan Deras Merata di Indonesia

Ini Daftar Wilayah Rawan Hujan Deras Merata di Indonesia

Ini Daftar Wilayah Rawan Hujan Deras Merata di Indonesia – Hujan adalah sebuah presipitasi berwujud cairan, berbeda dengan presipitasi non-cair seperti salju, batu es dan slit. Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi. Di Bumi, hujan adalah proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir air. Yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan.

Dua proses yang mungkin terjadi bersamaan dapat mendorong udara semakin jenuh menjelang hujan. Yaitu pendinginan udara atau penambahan uap air ke udara. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mewaspadai adanya hujan dengan intensitas sedang hingga deras. Fenomena ini di perkirakan terjadi di sebagian wilayah Indonesia.

BMKG memprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpontensi mengguyur sebagian wilayah idn poker deposit pulsa di Aceh. Sumatra Utara bagian utara, Bengkulu, Sumatra Selatan bagian selatan, dan Lampung.

1. Wilayah Banten, Jawa dan Kalimantan berpotensi hujan sedang hingga deras

Selain itu, hujan dengan intensitas sedang hingga deras juga berpotensi turun di sebagian wilayah. Yaitu Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Sementara di Kalimantan, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga deras di perkirakan akan terjadi di sebagian Kalimantan Tengah bagian utara. Dan juga Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

2. Wilayah Sulawesi hingga Bali juga berpotensi hujan

BMKG juga memperkirakan hujan dengan intensitas sedang hingga deras juga di perkirakan terjadi di sebagian wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan.

Sedangkan sebagian wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur juga di perkirakan akan di landa hujan sedang hingga deras.

3. Potensi hujan di Maluku dan Papua

Sementara, di Maluku dan Papua, potensi hujan dengan intensitas sedang juga di prediksi akan terjadi di sebagian wilayah Maluku dan Maluku Utara. Sedangkan, Papua dan Papua barat di prediksi berpotensi hujan sedang hingga deras.

Selain wilayah-wilayah tersebut, cuaca diprediksi cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan menurut prakiraan BMKG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *