Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi. Kalsium merupakan mineral penting yang sangat dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang serta gigi. Kalsium juga berperan dalam menjaga atau memperlambat hilangnya kepadatan tulang atau biasa disebut osteoporosis. Di samping itu, kalsium turut mempunyai andil dalam proses pembekuan darah, menjaga kesehatan jantung, menjaga fungsi otot dan saraf, hingga mencegah kanker usus besar. Lalu, bagaimana kebutuhan kalsium dalam tubuh dan makanan apa yang mengandung kalsium tinggi?

Disupport oleh Daftar Poker77

Rata-rata jumlah asupan kalsium yang dsarankan untuk pria dan wanita pada kelompok usia dewasa adalah sekitar 1000 mg per hari. Sedangkan jumlah asupan kalsium yang disarankan untuk wanita  atas 50 tahun dan pria datas 70 tahun adalah 1.200 mg per hari. Untuk anak-anak berusia 9-18 tahun, jumlah yang danjurkan adalah 1.300 mg kalsium per hari. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan berkalsium tinggi merupakan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan harianmu dan sebagai pencegahan sebelum timbul gejala kekurangan kalsium. Selain susu, ada pula beragam sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, buah, hingga makanan laut yang dapat menjad sumber asupan kalsium bagi tubuh. Berikut ini adalah 20 minuman dan makanan yang mengandung kalsium tinggi untuk kamu konsumsi.

1. Susu

Seluruh jenis susu, terutama susu rendah lemak dan susu tanpa lemak merupakan sumber kalsium yang amat baik. Kamu bisa mengonsumsi susu sapi dan susu kambing maupun aneka olahannya yang banyak mengandung kalsium. Kalsium yang terkandung ddalam susu sapi berkisar antara 276 hingga 352 mg tergantung jenisnya, yakni susu biasa, susu rendah lemak, atau susu tanpa lemak. Sementara kandungan kalsium dalam secangkir susu kambing sekitar 327 mg. Jumlah tersebut setara dengan 27 hingga 35 persen kebutuhan kalsium harian yang dsarankan. Tak hanya sebagai sumber kalsium, susu juga kaya akan protein dan vitamin D.

2. Keju

Kamu penggemar keju? Sudah tahukah kamu jika hampir semua keju merupakan makanan yang mengandung kalsium tinggi? Namun, bila dbandngkan dengan mozzarella, cheddar, atau keju lainnya, keju parmesan menempati urutan kandungan kalsium teratas. Dalam tiap 28 gram keju parmesan terdapat kalsium sekitar 330 mg yang setara dengan 25 hingga 30 persen kebutuhan asupan kalsium harian. Selain dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi, keju yang merupakan makanan fermentasi ini juga baik bagi pencernaan karena dapat membantu meningkatkan bakteri usus sehat.

3. Yogurt

Yogurt mengandung kalsium tinggi yang dbutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi. Minuman fermentasi susu ini mengandung kombinasi kalsium dan vitamin D yang bermanfaat untuk memperkuat tulang. Sementara itu, vitamin D dapat membantu tubuh agar menyerap kalsium dengan lebih baik. Pilihlah yogurt rendah lemak sebagai opsi yang lebih sehat. Dalam secangkir yogurt sekitar 245 gram mengandung 488 mg kalsium yang setara dengan 38 persen dari kebutuhan kalsium harian. Tak hanya kalsium, yogurt juga mengandung bakteri probiotik hidup yang baik untuk menjaga metabolisme tubuh. Yoghurt juga berfungsi untuk menurunkan risiko dabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

4. Ikan Sarden

Ikan sarden sarat dengan kalsium. Dalam 100 gram ikan sarden terkandung 382 mg kalsium. Vitamin D yang terkandung juga cukup tinggi. Selain dapat memperkuat tulang, sebuah penelitian yang drilis dalam Journal of the National Cancer Institute juga membuktikan bahwa kalsium dan vitamin D bisa mencegah berbagai macam kanker seperti kanker payudara. Namun, perlu diingat bahwa kamu juga harus mengimbangi asupan makananmu dengan berolahraga secara teratur, ya.

5. Ikan Salmon

Sekitar 3 ons atau 85 gram salmon kalengan dengan tulang dapat mencukupi kebutuhan kalsium harian hingga 21 persen. Tidak hanya itu, ikan salmon juga mengandung Omega-3 yang dapat menurunkan risiko kanker, protein yang bermanfaat bagi kesehatan otot, kalium untuk mengendalikan tekanan darah, dan kadar selenium yang tinggi yang berfungsi untuk mencegah dan membalikkan toksisitas merkuri.

nah sobat green ini lah beberapa Recomendasi Yang bisa membuat kamu tinggi loh . Karena Banyak sekali tersebut banyak mengandung kalsium yang dapat membuat kalian menjadi tinggi .Jangan lupa membaca juga Artikel-Artikel Green-squalle yang telah kita rangkum dari berbagai sumber terpecaya ya sobat… semoga bermanfaat Sobat