Masalah Sistem Vestibular Sebabkan Hilangnya Keseimbangan Tubuh

Masalah Sistem Vestibular Sebabkan Hilangnya Keseimbangan Tubuh

Masalah Sistem Vestibular Sebabkan Hilangnya Keseimbangan Tubuh  – Otak menggunakan informasi dari sistem vestibular di kepala dan dari propriosepsi di seluruh tubuh untuk memungkinkan mamalia memahami dinamika dan kinematika tubuhnya (termasuk posisi dan percepatannya) dari waktu ke waktu. Bagaimana kedua sumber perseptif ini diintegrasikan untuk menyediakan struktur yang mendasari sensorium tidak diketahui.

Sistem vestibular adalah bagian dari telinga bagian dalam yang bertugas memberikan informasi ke otak tentang rasa keseimbangan. Sistem vestibular juga bekerja sama dengan mata dan otak untuk membuat gerakan terasa halus dan terkoordinasi. Secara keseluruhan, sistem vestibular membantu otak mengoordinasikan berbagai tindakan, seperti berdiri, berjalan, meraih objek, dan mengetahui kapan tubuh bergerak atau tidak.

Masalah keseimbangan dapat membuat seseorang merasa seperti berada di dalam ruangan idn poker apk yang berputar dan membuatnya kesulitan untuk berjalan atau bergerak. Banyak masalah keseimbangan yang relatif tidak berbahaya, tetapi terkadang masalah ini disebabkan oleh penyakit dan perlu segera mendapat penanganan medis.

1. Penyakit Ménière
5 Masalah Kesehatan yang Menyebabkan Hilangnya Keseimbangan Tubuh

Penyakit Ménière menyebabkan berkumpulnya cairan dalam jumlah besar di telinga bagian dalam. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa pusing, masalah pendengaran, dan telinga berdenging atau tinitus.

Berita buruknya, serangan Ménière tidak dapat diprediksi dan mungkin parah. Kabar baiknya, penyakit ini dapat dikelola dengan perubahan pola makan dan obat-obatan.

2. Fistula perilimfe
5 Masalah Kesehatan yang Menyebabkan Hilangnya Keseimbangan Tubuh

Fistula perilimfe adalah kondisi ketika mana lubang kecil antara telinga bagian dalam dan telinga tengah memungkinkan cairan bocor ke telinga tengah. Pada Fistula bisa terjadi karena cedera kepala, infeksi telinga kronis, atau perubahan tekanan udara yang ekstrem.

Dan Fistula perilimfe menyebabkan penderitanya merasa goyah, pusing, atau mual. Ketidaknyamanan ini mungkin terasa semakin parah saat individu sedang bergerak.

3. Stroke
5 Masalah Kesehatan yang Menyebabkan Hilangnya Keseimbangan Tubuh

Individu yang mengalami kehilangan keseimbangan dan koordinasi diikuti gejala berikut bisa jadi terkena stroke:

  • Mati rasa di satu sisi tubuh
  • Tiba-tiba memiliki masalah penglihatan
  • Sakit kepala parah
  • Kelemahan di wajah, lengan, atau kaki
  • Mual atau muntah
  • Kebingungan
  • Kesulitan berbicara atau memahami orang lain

Seseorang yang merasa diri sendiri atau seseorang di dekatnya mengalami stroke harus segera mencari bantuan medis.

4. Mal de Debarquement Syndrome
5 Masalah Kesehatan yang Menyebabkan Hilangnya Keseimbangan Tubuh

Setelah seseorang berada di atas kapal atau berlari di atas treadmill untuk jangka waktu yang lama, mereka dapat mengembangkan Mal de Debarquement Syndrome (MdDS). Pada MdDS, individu akan merasakan sensasi bergerak atau bergoyang bahkan ketika mereka tidak berada di permukaan yang bergerak.

MdBD menyebabkan individu merasa mengantuk dan sulit berkonsentrasi. Kabar baiknya, MdDS biasanya hilang segera setelah orang tersebut kembali diam, tetapi gejalanya terkadang bisa bertahan lebih lama.

5. Labirinitis
5 Masalah Kesehatan yang Menyebabkan Hilangnya Keseimbangan Tubuh

Labirinitis adalah infeksi telinga bagian dalam, atau labirin. Labirin, atau sistem vestibular, merupakan struktur telinga bagian dalam yang membantu menjaga keseimbangan tubuh.

Saat labirin terinfeksi atau meradang, ini dapat menyebabkan seseorang kehilangan keseimbangan dan memengaruhi pendengaran. Orang yang terkena labirinitis mungkin akan merasa pusing dan mual. Biasanya, seseorang mengalami labirinitis setelah mengalami infeksi saluran pernapasan atas, seperti flu.

Kehilangan keseimbangan bisa membuat seseorang merasa sangat terganggu dan tidak nyaman. Karenanya, jika kamu mengalami pusing yang parah dan hilangnya keseimbangan, kamu harus segera berbicara dengan dokter.

Karena gerakan terdiri dari rotasi dan translasi, sistem vestibular terdiri dari dua komponen: kanalis semisirkularis , yang menunjukkan gerakan rotasi ; dan otolith , yang menunjukkan percepatan linier . Sistem vestibular mengirimkan sinyal terutama ke struktur saraf yang mengontrol gerakan mata ; ini memberikan dasar anatomi dari refleks vestibulo-okular , yang di perlukan untuk penglihatan yang jelas.

Sinyal juga di kirim ke otot-otot yang menjaga hewan tetap tegak dan secara umum mengontrol postur ; ini menyediakan sarana anatomi yang di perlukan untuk memungkinkan hewan mempertahankan posisi yang di inginkan di ruang angkasa