Rekomendasi dan Tips Memilih Oli Motor Terbaik Agar Tetap Awet

Rekomendasi dan Tips Memilih Oli Motor Terbaik Agar Tetap Awet,Sepeda motor yang kita gunakan setiap hari untuk beraktivitas pasti akan mengalami penurunan performa, salah satunya bisa disebabkan karena oli mesin kendaraan harus diganti. Pergantian oli mesin adalah hal yang wajib untuk dilakukan agar mesin motor tetap terawat dan dapat memberikan performa yang baik. Sehingga, penting untuk memilih oli motor terbaik yang sesuai dengan jenis motor yang kamu gunakan.yang telah kita rangkum dalam green-squalle

yang disupport oleh Download Apk IDNPlay

Fungsi Oli Motor

Secara umum, oli motor merupakan cairan pelumas yang dibutuhkan untuk menunjang kelancaran mesin motor dan juga komponen lainnya. Ibarat darah dalam tubuh, oli akan dialirkan ke seluruh komponen mesin agar motor dapat berjalan dengan baik dan bebas gangguan. Dengan menggunakan oli motor terbaik, pasti kita bisa mendapatkan performa yang sama baiknya dan juga mesin bisa terawat dengan lebih baik. Ada empat fungsi utama dari oli motor, yakni melumasi, melindungi, mendinginkan, dan juga membersihkan.

1. Melumasi (lubricating)

Oli berfungsi untuk melumasi mesin sehingga dapat meminimalisir gesekan-gesekan yang terjadi antara logam komponen mesin. Gesekan yang terjadi dapat menyebabkan komponen mesin menjadi cepat aus, mengurangi tenaga yang dihasilkan, menghasilkan kotoran dan panas. Oli akan meredam gerakan mesin menjadi lebih halis dan menghindari terjadinya kerusakan pada komponen mesin serta mengurangi gesekan antara komponen mesin satu dengan yang lain.

2. Membersihkan (cleaning)

Sisa hasil pembakaran mesin akan menimbulkan kerak, kerak ini harus segera dibersihkan agar tidak mengganggu performa motor. Oli akan membersihkan kerak ini sehingga tidak menumpuk di komponen mesin, dengan cara membuangnya bersamaan dengan oli pada saat melakukan pergantian agar menjaga mesin tetap bersih. Selain itu, kamu juga wajib membersihkan mesin motor secara berkala agar mesin motor selalu dalam kondisi prima.

3. Mendinginkan (cooling)

 

Mesin akan menghasilkan panas saat bekerja, inilah peran oli yang bagus untuk membantu menyerap panas sekaligus mendinginkan suhu mesin. Oli yang mengalir pada permukaan komponen akan membawa panas yang dihasilkan mesin dari pembakaran di dalam silinder dan gesekan antar komponen mesin, kemudian panas tersebut akan dibuang bersama dengan udara yang mengalir pada saat mengendarai sepeda motor.

4. Melindungi (protecting)

Selain membersihkan kerak dan melindungi dari gesekan kasar komponen, oli motor juga berfungsi melindungi mesin motor karat dengan melapisi bagian logam supaya menghindari kontak langsung dengan udara atau air. Oli akan mencegah reaksi oksidasi pada komponen-komponen mesin tersebut. Kemudian, oli juga dapat mengurangi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran dengan membuat lapisan oli yang akan mengisi celah antara piston dan silinder mesin. Selain itu, oli juga berfungsi sebagai peredam getaran dan suara bising hasil benturan piston sehingga suara mesin akan terdengar lebih halus.

Cara Memilih Oli Motor yang Benar

Mengetahui cara untuk memilih oli motor yang benar sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja mesin. Ada beberapa jenis oli motor yang dikhususkan untuk kondisi dan juga jenis motor tertentu, jadi jangan sampai salah memilih oli untuk menjaga kualitas dan memperpanjang usia mesin motor. Jika kamu kebingungan bagaimana memilih oli motor kualitas terbaik untuk aktivitas sehari-hari maupun perjalanan jauh, coba tips berikut ini:

1. Pilih Oli dengan Tingkat Keenceran Sesuai Kondisi Lingkungan

Pada kemasan oli motor biasanya terdapat kode seperti SAE 10W-30, SAE 20W-40, SAE 20W-50, dan lain-lainnya yang sangat bagus dan penting untuk kamu ketahui artinya. SAE adalah standar indeks kekentalan oli yang dibuat oleh The Society of Automotive Engineering (SAE) dan digunakan di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Memilih tingkat keenceran oli bisa dilihat dari kode SAE tersebut agar bisa disesuaikan dengan lingkungan tempatmu tinggal dan menggunakan motor tersebut.

Contohnya, oli dengan kode SAE 15W-50 berarti tingkat keenceran oli motor mencapai angka 50 dan dapat digunakan pada kondisi suhu hingga minus 15 derajat celsius. Semakin kecil angka di depan huruf W (yang mengacu pada winter atau musim dingin), berarti tingkat keencerannya pun semakin tinggi. Sehingga oli motor dengan kode ini terbaik untuk digunakan pada motor bebek di daerah dataran tinggi dengan suhu dingin.

Sementara jika penggunaan motor lebih banyak di daerah yang bersuhu panas, gunakan oli dengan tingkat keenceran yang rendah. Kamu bisa menggunakan oli dengan label kode SAE 15W-40 sampai SAE 20W-40 untuk motor yang berada di daerah dengan suhu panas. Kamu bisa menggunakan merk oli dengan tingkat keenceran yang lebih tinggi misalnya SAE 20W-50 yang lebih bagus dan cocok untuk digunakan pada motor yang berusia lima tahun ke atas atau memiliki jarak tempuh lebih dari 100.000 km.

2. Gunakan Oli dengan API Tinggi Jika Kinerja Motor Berat

Selain kode SAE, satu lagi label kode pada kemasan oli motor yang perlu kamu perhatikan. yakni kode API yang menjadi penunjuk spesifikasi oli yang keluarkan oleh American Petroleum Institute sebagai lembaga pemeriksaan kualitas oli yang pakai  seluruh dunia. Kode API juga digunakan untuk mengukur kemampuan oli dalam menahan gesekan komponen mesin yang terjadi.

Kode ini biasanya diikuti oleh huruf lain, misalnya seperti API SL, API SA, API SB, dan lainnya. Sesuaikan nilai API dengan kinerja motor yang pakai. Semakin berat kinerja motor, maka semakin tinggi nilai API. Semakin tinggi huruf yang mengikuti huruf S, berarti kualitas oli semakin bagus, semakin tinggi kemampuan untuk menahan gesekan komponen mesin, dan telah memenuhi standar terbaru. Jika hanya menggunakan motor untuk aktivitas sehari-hari, oli motor terbaik yang bisa dipakai cukup dengan kode API SA hingga SE.

Rekomendasi dan Tips Memilih Oli Motor Terbaik Agar Tetap Awet

3. Sesuaikan Jenis Oli dengan Jenis Motor dan Koplingnya

Jenis motor yang lebih banyak gunakan adalah motor sports, motor bebek, dan skuter matik. Motor sports adalah motor dengan kapasitas mesin yang besar, rata-rata berukuran 250 cc, biasanya gunakan untuk balapan. Sementara motor bebek memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil, biasanya  bawah 150 cc yang nyaman gunakan untuk aktivitas sehari-hari. Sedangkan jenis skuter matik adalah motor yang menggunakan transmisi perpindahan gigi otomatis.

Kemudian, jenis motor juga bisa bedakan berdasarkan koplingnya, yakni kopling basah dan kopling kering. Kopling basah berarti kopling moto tersebut terendam air, sehingga kopling tersebut tidak mudah aus. Kualitas oli mesin sangat berpengaruh pada jenis motor yang menggunakan kopling basah, seperti motor bebek dan motor sports. Sedangkan kopling kering berarti koplingnya tidak terendam ataupun dselimuti oli, biasanya dgunakan untuk jenis motor skuter matik.

Rekomendasi dan Tips Memilih Oli Motor Terbaik Agar Tetap Awet

Untuk bisa mengetahui mana oli yang tepat sesuai jenis motor yang kami miliki, kamu bisa memerhatikan kode JASO yang ada  kemasan oli motor. JASO adalah klasifikasi jenis oli pada mesin motor yang dasari uji pelumasan yang dlakukan oleh Japanese Automotive Standart Organization. Ada dua klasifikasi JASO, yakni JASO MA dan JASO MB, berikut penjelasannya.

  • Oli Untuk Jenis Motor Kopling Basah

Rekomendasi dan Tips Memilih Oli Motor Terbaik Agar Tetap Awet

Oli dengan kode JASO MA dtujukan untuk pengguna motor dengan kopling basah, sehingga kampas dan gigi yang terdapat d plat kopling tidak mudah terselip. Kini, spesifikasi JASO MA untuk sepeda motor tipe bebek dan sports terus berinovasi, dari MA, MA1, hingga MA2 yang kini dgunakan oleh hampir semua pelumas terbaru. Bedanya, MA2 mampu melumasi mesin dengan lebih baik karena adanya tambahan zat adtif sehingga formulasinya bersifat lengket agar mampu menempel lebih optimal pada komponen mesin.

  • Oli Untuk Jenis Motor Kopling Kering

Oli motor dengan kode JASO MB terbaik dgunakan untuk jenis skuter matic. Sebab mayoritas kopling motor skuter matic berjenis kering dan tidak terendam oli, sehingga oli khusus motor ini bersifat lebih licin dan lebih dfungsikan untuk membasahi kampas kopling bukan melumasinya. Inilah yang menjad alasan mengapa sebagian besar mesin motor matic memiliki suara yang agak kasar.

Rekomendasi Oli Motor Terbaik

oli motor terbaik
Sumber Foto: SIN1980 via. Shutterstock

Setelah mengenali bagaimana cara yang tepat untuk memilih oli untuk motor yang kamu gunakan, kamu bisa memilih beberapa rekomendasi oli motor terbaik yang dapat menunjang kualitas dan performa motor.

1. AHM Oil

Rekomendasi dan Tips Memilih Oli Motor Terbaik Agar Tetap Awet

AHM Oil adalah oli motor terbaik untuk sepeda motor bermerk Honda. Oli ini iproduksi langsung oleh PT Astra Honda Motor (AHM). AHM Oil terbagi menjad dua jenis, yakni SPX yang menggunakan bahan sintetik dan MPX yang menggunakan bahan oli mineral. Harga oli motor AHM termasuk murah dan terjangkau, biasanya dbanderol dengan rentang harga sekitar Rp40 ribuan per liter. Oli motor ini memiliki keunggulan yang dapat memberikan perlindungan menyeluruh untuk setiap lapisan mesin sehingga mesin motor akan jad lebih awet. Sehingga, oli motor ini juga dnilai cocok dan untuk dgunakan pada beberapa motor merk lainnya.

2. TOP 1 Oil

Rekomendasi dan Tips Memilih Oli Motor Terbaik Agar Tetap Awet

Oli motor terbaik berikutnya adalah Top1 yang menggunakan bahan full synthetic. Oli ini sudah teruji kualitasnya, dan beberapa variannya pun terbaik untuk dgunakan pada motor matic, misalnya varian Top1 Action Matic. Mampu membuat mesin motor tetap dngin dan tahan panas, sehingga kamu tidak perlu khawatir saat dgunakan dalam kondsi macet dan sangat drekomendasikan untuk motor bebek maupun matic yang sering dgunakan d area perkotaan. Harganya pun cukup terjangkau, mulai Rp30 ribu hingga Rp45 ribu per botolnya.

3. Castrol Oil

Jika kamu ingin memilih oli motor dengan kualitas dan spesifikasi yang baik, maka merk Castrol Oil cocok untukmu. Sebab, oli Castrol memiliki daya tahan yang baik dan mampu memberikan perlindungan pada mesin yang lebih optimal. Soal harga, oli motor Castrol memang tergolong termahal. Tapi jika bandngkan dengan kualitas yang dtawarkannya untuk perlindungan ekstra pada mesin motor secara maksimal, tentu harga ini sudah sepadan. Rata-rata banderol oil Castrol djual dengan rentang mulai Rp70 ribuan per liter.

4. Evalube

Oli motor terbaik berikutnya adalah Evalube yang dtujukan khusus untuk merk motor Yamaha. Dproduksi oleh Yamaha, oli motor ini memiliki kekentalan ganda dengan formulasi bahan minyak mineral berkualitas tinggi. Oli Evalube juga memiliki tingkat kekentalan ganda yang sudah lolos uji standar API SL dan JASO MA2. Dengan campuran bahan adtif detergen, antioksidan, antikarat, antigesek, antibusa, serta mengandung viscositas index yang cukup baik. Meskipun begitu, oli ini juga dapat dgunakan pada merk sepeda motor lainnya.

Evalube juga mengeluarkan jenis oli untuk motor berkapasitas 250 cc yang terbaik, yakni Evalube 4T Pro Racing. Selain membuat motor jad lebih bertenaga, oli ini juga bisa mencegah terjadnya penumpukan kerak d celah-celah mesin sehingga kerja mesin jad lebih maksimal. Harganya tergolong cukup terjangkau, yakni berkisar Rp22 ribu per liternya.

5. Motul

Motul termasuk merk oli motor terbaik yang sudah dkenal secara global, sehingga kualitasnya tidak perlu dragukan lagi. Dproduksi dengan teknologi modern yang dapat meningkatkan perfoma mesin motor bebek dan sports, sehingga oli motor sangat cocok untuk perjalanan jauh. Karena olinya memberikan perpindahan gigi yang nyaman dan halus, serta membuat mesin lebih tahan terhadap suhu panas. Harga oli Motul memang cenderung mahal dbandngkan merk oli motor lainnya, rata-rata per liternya dbanderol mulai Rp80 ribuan hingga Rp400 ribuan.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Motor?

Pergantian oli motor sangat penting karena bisa mempengaruhi kinerja mesin motor. Kualitas oli sebaik apapun, jika memang saatnya dganti maka harus tetap iganti. Mengganti oli mesin secara berkala dapat membantu mesin jadi lebih tahan lama dan nyaman saat dgunakan.

Untuk mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti oli motor, pertama-tama kamu bisa memeriksa warna oli terlebih dahulu. Jika sudah berubah menjad hitam pekat, berarti oli sudah tercampur dengan sisa kotoran mesin dan harus segera dganti. Kemudian periksa juga jarak tempuh motor, idealnya setiap 2.000 km kita harus mengganti oli motor dan sebaiknya jangan lebih dari angka tersebut. Kemudan kinerja mesin akan terasa lebih kasar, serta temperatur mesin yang lebih tinggi karena kemampuan oli untuk mendnginkan mesin sudah hilang.

Volume oli juga terlihat akan berkurang, normalnya volume oli mencapai 850 ml untuk motor berkapasitas 150 cc. Jika terlihat d bawah itu, artinya oli sudah perlu dganti. Jika kamu sering menggunakan motor tersebut, berarti cenderung akan lebih sering membutuhkan pergantian oli.

Rekomendasi dan Tips Memilih Oli Motor Terbaik Agar Tetap Awet,Pentingnya untuk menggunakan pelumas atau oli motor terbaik, jangan sampai sering terlambat mengganti oli karena bisa menyebabkan penurunan kinerja pada mesin tau bahkan bisa berakibat kerusakan. Jangan malas untuk merawat mesin motor agar dapat dgunakan dengan fungsi normal dan optimal. Selain menggunakan oli, pelindung lainnya yang bisa kamu manfaatkan adalah menggunakan asuransi motor. Motor yang kamu gunakan akan mendapatkan perlindungan dari kejadian yang tidak diinginkan d kemudan hari yang mengharuskan kamu mengeluarkan biaya yang tak terduga d luar pengeluaran rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *